Gotong Royong
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Metode PPP (Presentation, Practice, and Production) dalam Pengajaran TOEFL untuk Dosen

Setyobudi, Ranu (Unknown)
Roy Zulkarnaen, Rena (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Pelatihan TOEFL dengan menerapkan metode Presentation, Practice, and Production (PPP) bertujuan membantu dosen di Universitas Nurul Jadid dalam meningkatkan skor TOEFL Dosen. Kesulitan dalam menentukan metode dan media yang tepat untuk mencapai skor TOEFL yang diinginkan menjadi alasan utama pelaksanaan pengabdian masyarakat ini. Pengabdian ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan pengetahuan, tetapi juga untuk mempersiapkan dosen dalam menghadapi ujian TOEFL. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode PPP, yang mengutamakan penjelasan mendalam oleh pengajar atau tutor, diikuti dengan praktik mengerjakan soal dan menganalisis jawaban oleh peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat respons positif dari mitra, dalam hal ini Universitas Nurul Jadid, terutama karena program ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Bentuk respons positif ini terlihat dari partisipasi aktif, baik dari mitra maupun peserta pelatihan. Motivasi peserta pelatihan untuk mengikuti proses pelatihan cukup antusias, menunjukkan keinginan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menguasai TOEFL secara mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gotongroyong

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Gotong Royong memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di ranah pengabdian kepada masyarakat. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi : Pelatihan, Pemasaran, Keamanan pangan lokal, Teknologi Tepat Guna (TTG), Desain, Pemberdayaan masyarakat, akses sosial, ...