Jutsi: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 2, No 3 (2022): OCTOBER 2022

IMPLEMENTASI CRM UNTUK MEMAJUKAN USAHA PERCETAKAN FOTO PADA HD PHOTO

Muhammad Hasbi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Adi Prijuna Lubis (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Sudarmin Sudarmin (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Abstract: Rapid technological developments require humans to always interact with information technology such as the internet and play an important role in business operations. Customer satisfaction is crucial in a competitive industry with significant differences in customer loyalty. CRM is used as a means to establish ongoing relationships between companies and customers, enabling companies to understand customer needs and preferences throughout the marketing, sales and post-sales service processes. This research focuses on implementing Customer Relationship Management (CRM) through a website to increase customer satisfaction at HD PHOTO, a photo printing business in Tanjungbalai, North Sumatra. Even though HD PHOTO tries to increase customer loyalty and attract new customers, the company faces obstacles in its business processes. Manual transaction recording and sales made manually cause sales reporting errors. Customers who are far from the company location face inefficiencies in time and in promotion and marketing due to the absence of a company website for product information. This research aims to implement CRM to evaluate its impact on customer satisfaction at HD PHOTO. The proposed solution involves building a website using PHP and MySQL programming languages to increase sales and overall customer satisfaction at HD PHOTO.            Keywords: CRM, HD Photo, PHP  Abstrak: Perkembangan teknologi yang pesat menuntut manusia untuk selalu berinteraksi dengan Keberadaan teknologi informasi  seperti internet dan memainkan peran penting dalam operasional bisnis. Kepuasan pelanggan menjadi krusial dalam industri yang kompetitif dengan perbedaan signifikan dalam loyalitas pelanggan. CRM digunakan sebagai sarana untuk menjalin hubungan berkelanjutan antara perusahaan dan pelanggan, memungkinkan perusahaan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan sepanjang proses pemasaran, penjualan, dan layanan pasca penjualan.  Penelitian ini fokus pada implementasi Customer Relationship Management (CRM) melalui sebuah website untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di HD PHOTO, sebuah usaha percetakan foto di Tanjungbalai, Sumatra Utara. Meskipun HD PHOTO berusaha meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru, perusahaan menghadapi kendala dalam proses bisnisnya. Pencatatan transaksi manual dan penjualan yang dilakukan secara manual menyebabkan kesalahan pelaporan penjualan. Pelanggan yang berada jauh dari lokasi perusahaan menghadapi ketidakefisienan waktu dan dalam promosi dan pemasaran karena ketiadaan website perusahaan untuk informasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan CRM guna mengevaluasi dampaknya terhadap kepuasan pelanggan di HD PHOTO. Solusi yang diusulkan melibatkan pembangunan website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan di HD PHOTO. Kata kunci: CRM, HD Photo,PHP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jutsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) is a scientific journals that contains research results conducted by collaborating students with lecturers. JUTSI published third a year on February, June, ...