Pengolahan dan penyimpanan data pelanggan di Berkah Solo Web masih menggunakan Microsoft Excel yang dirasa kurang efisien dan data yang disimpan kurang aman karena tidak disimpan dalam Database. Pencatatan hanya berfokus pada informasi kuantitas pelanggan dan prosedur pemrosesan pesanan proyek produk/jasa saja. Data-data lain seperti data pembayaran tagihan, help desk/tiketing untuk menangani permasalahan pelanggan, berita/promo, testimoni dan perluasan layanan pelanggan belum terlayani dan dikelola. Selain itu, belum ada sistem yang fleksibel dan efisien dalam mengelola data pelanggan di tempat tersebut. Pendekatan perbaikan pada mesin menggunakan metode air terjun yang meliputi tingkat evaluasi sistem, tata letak perangkat, Penulisan Kode program, baki aplikasi, dan implementasi program. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP, editor teks Sublime Text, dan Database MySQL. Luaran yang dapat diperoleh dari Sistem Pengelolaan Data Pelanggan Berbasis Website ini adalah sistem mempunyai 2 hak akses yaitu login Admin dan login Pelanggan. Admin dapat mengelola master data yang disajikan dalam bentuk akun, produk/jasa, dan berita/promo, mengelola data transaksi yang disajikan dalam bentuk validasi pembayaran dan perpanjangan produk/jasa, mengelola data pemesanan produk/jasa berupa pengingat masa aktif layanan, dan admin juga dapat mengelola laporan data pelanggan, data pemesanan produk/jasa, data transaksi pembelian, dan penilaian produk/jasa. Sedangkan pelanggan dapat mengelola data produk/jasa berupa pemesanan produk/jasa, transaksi pembelian dan testimoni produk, serta pelanggan dapat mengelola laporan berupa invoice dan bukti transaksi pembelian serta berita/promo yang telah diinput oleh admin.
Copyrights © 2024