JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur
Vol 4 No 2 (2024): Juni 2024

Merefleksikan Sifat Kenegarawanan Dalam Diri Relawan Pajak Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak

Lailatus Sofia, Mega (Unknown)
Nusri Leapatra Chamalinda, Khysh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak menyadari masih kurangnya sumber daya yang dimiliki dan penyuluhan langsung kepada wajib pajak dapat merubah pengetahuan dan kemampuan sadar pajak di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pajak membentuk sebuah program Relawan Pajak yang bertugas sebagai perpanjangan tangan dalam edukasi serta penyuluhan perpajakan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali sifat kenegarawanan dalam merefleksikan diri relawan pajak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan relawan pajak sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat kenegarawanan dapat merefleksikan kode etik relawan pajak. Dengan memiliki sifat kenegarawanan, seorang relawan pajak dapat berpegang teguh pada kode etik serta mereka menyadari bahwa sifat siap mengabdi dan cinta tanah air harus tertanam dalam diri relawan pajak sebagai bekal dalam mengedukasi masyarakat betapa pentingnya pajak untuk pembangunan negara, sehingga dapat membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak, yang pada akhirnya dapat mengoptimalkan penerimaan pajak. Hal ini juga sesuai dengan platform program relawan pajak saat ini yaitu Renjani “Relawan Pajak untuk Negeri”. Kebaruan dalam penelitian ini adalah memberikan aspek kajian penerapan sifat kenegarawanan dalam diri relawan pajak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebdeker

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel ilmiah yang dipubikasi dalam JEBDEKER adalah semua aspek dengan scope sebagai berikut: 1. Ekonomi 2. Akuntansi: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pajak, Audit, Akuntansi Biaya, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi UMKM. 3. Manajemen: Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik, ...