Salah satu usaha batik yang mengkuti perkembangan teknologi yaitu Batik Amarta. Batik Amarta merupakan salah satu produsen baju batik terbesar di Masaran. Batik Amarta juga melakukan penjualan melalui e-commerce seperti Tiktok dan Tokopedia karena batik amarta belum memiliki sebuah website sendiri. Dibagian ini muncul permasalahan dimana pelanggan kebingungan menentukan beberapa pilihan tentunya dari motif, jenis batik, anggaran dan kriteria yang telah ditawarkan oleh pemilik usaha. Tujuan penelitiam untuk membangun sistem rekomendasi pemilihan baju batik menggunakan metode knowledge-based. Rapid Application Development (RAD) merupakan menggunakan meotde pengembangan sistem yaitu dengan 4 tahap yaitu perencanaan kebutuhan, desain sistem, proses pengembangan, implementasi. Knowledge Based merupakan metode sistem rekomendasi pada penelitian ini dengan kelebihan dapat memberikan skala prioritas pelanggan sesuai keinginan pelanggan terhadap produk. Pemodelan data dengan metode knowledge based recommendation menggunakan data sampel berjumlah 20 produk baju batik dan 5 atribut yaitu jenis batik, warna, bahan, kualitas, harga. Dapat memberikan rekomendasi produk berdasarkan kebutuhan pelanggan dan atribut produk jenis. Produk baju batik dengan nilai kemiripan tertinggi akan menjadi hasil rekomendasi. Dalam hal ini, produk dengan nilai kemiripan tertinggi yaitu 0,949901 adalah baju batik Kasual PRANAWA - S. Hasil analisis data ini bisa sebagai referensi untuk pengembangan sistem rekomendasi pemilihan baju batik.
Copyrights © 2024