Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi marketing dan branding terhadap lima brand kopi kekinian di Indonesia. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah unggahan Instagram dari lima brand kopi kekinian lokai, yaitu Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Point Coffee, Fore Coffee, dan Kopi Lain Hati. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori marketing viral. Teori ini digunakan berdasarkan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menguji reliabilitas menggunakan dua coder, sesuai dengan coding book. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat membantu mereka yang mempunyai usaha kopi di Indonesia untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk usaha kopi mereka. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini adalah dengan uji Chi-Square dan One Way. Setelah menganalisis, ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam jenis strategi marketing dan terdapat perbedaan dari engagement antara strategi marketing dan branding pada kelima brand kopi lokal.
Copyrights © 2023