Penelitian ini mengkaji bagaimana siswa kelas VII Pendidikan Agama Islam SMPN 3 Jombang termotivasi untuk belajar. Karena dapat menginspirasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar, motivasi dipandang sebagai komponen penting dalam meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar siswa. Keberhasilan belajar merupakan cerminan dari kapasitas seseorang untuk mengatasi tantangan dan mencapai keunggulan dalam penyelesaian aktivitas yang menantang. Penelitian ini mengadopsi metodologi kuantitatif, mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner, kemudian menganalisis data tersebut melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di SMPN 3 Jombang memiliki keinginan belajar sedang (38,3%), sebagian besar siswa memiliki tingkat ketuntasan belajar yang buruk (48,3%). Melalui uji Chi Square diketahui bahwa dengan hasil 0,041 < 0,05, akibatnya ada interaksi positif antara motivasi belajar dengan pencapaian akademik dari siswa untuk mata pelajaran PAI SMPN 3 Jombang. Hal ini menunjukkan motivasi belajar mempengaruhi keberhasilan pencapaian akademik pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jombang.
Copyrights © 2023