Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol. 3 No. 2 (2023): (July) Islamic Boarding School Studies

Analisis Hubungan dari Motivasi dengan Keberhasilan Akademik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Adisty Nailun Najah (Universitas Hasyim Asy’ari Jombang)
Zaenal Arifin Hasan (Universitas Hasyim Asy’ari Jombang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana siswa kelas VII Pendidikan Agama Islam SMPN 3 Jombang termotivasi untuk belajar. Karena dapat menginspirasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar, motivasi dipandang sebagai komponen penting dalam meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar siswa. Keberhasilan belajar merupakan cerminan dari kapasitas seseorang untuk mengatasi tantangan dan mencapai keunggulan dalam penyelesaian aktivitas yang menantang. Penelitian ini mengadopsi metodologi kuantitatif, mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner, kemudian menganalisis data tersebut melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di SMPN 3 Jombang memiliki keinginan belajar sedang (38,3%), sebagian besar siswa memiliki tingkat ketuntasan belajar yang buruk (48,3%). Melalui uji Chi Square diketahui bahwa dengan hasil 0,041 < 0,05, akibatnya ada interaksi positif antara motivasi belajar dengan pencapaian akademik dari siswa untuk mata pelajaran PAI SMPN 3 Jombang. Hal ini menunjukkan motivasi belajar mempengaruhi keberhasilan pencapaian akademik pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jombang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Religion Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan dua kali setahun oleh NUN Media bekerjasama dengan CV. Murta Media Karya Surabaya. Jurnal ini menekankan pada aspek-aspek yang terkait dengan Kajian Islam dalam konteks Indonesia, dengan referensi ...