Menghafal Al-Qur’an adalah tugas sulit yang membutuhkan dedikasi, disiplin, dan komitmen tinggi. Para hafiz dianggap individu pilihan Allah. Di era modern, tantangan semakin berat karena kehidupan instan dan pergaulan bebas yang bisa mengganggu, terutama bagi remaja. Penulis memilih MTs Insan Qur’ani Ranulogong sebagai tempat penelitian bagi penulis karena sekolah ini memiliki kegiatan-kegiatan keagamaan yang cukup baik sehingga dapat menjadi tempat untuk melatih pola hidup yang teratur dan membentuk kepribadian yang seimbang antara kebutuhan akademik dan keagamaanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian lapangan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) proses pembelajaran Tahfidz Qur’an di MTs Insan Qur’ani memiliki tingkat yang baik dalam menghafal Al-Qur’an, dengan rata-rata prestasi yang mencerminkan komitmen dan usaha mereka dalam menyelesaikan hafalannya; 2) hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa terutama dalam kehidupan sehari-hari setelah mengikuti program pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Insan Qur’ani.
Copyrights © 2024