Tujuan dari diadakannya Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Kurikulum 2013 agar guru dapat membuat PTK berkualitas secara berkesinambungan, dengan cara workshop yaitu pelatihan perancangan dan penerapan model-model pembelajaran pelaksanaan PTK dalam proses pembelajaran, pelatihan pengambilan dan analisis data dalam pelaksanaan PTK, pelatihan cara interpretasi dan penyimpulan hasil pelaksanaan PTK dan menuangkan hasil dalam karya tulis ilmiah, pelatihan cara analisis statistik, serta membuat laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Target yang ditetapkan dalam IPTEK bagi masyarakat ini yaitu guru mampu menerapkan model-model pembelajaran di kelas, menganalisis data penelitiannya dengan analisis statistika, menghasilkan PTK yang berkualitas, meningkatnya hasil belajar peserta didik sebagai hasil dari perbaikan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru melalui PTK. Sehingga Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dapat tercapai, bahkan diharapkan dapat melampaui KKM, serta meningkatnya pangkat dan golongan guru-guru di Kecamatan Kadipaten. Luaran yang akan dihasilkan adalah buku model-model pembelajaran di Sekolah Dasar dan statistika untuk PTK serta setiap guru dapat menghasilkan sebuah PTK dengan melibatkan analisis statistik untuk PTK dan jurnal pengabdian pada masyarakat. Metode yang digunakan untuk kegiatan ini adalah pelatihan, pembimbingan dan pendampingan. Kegiatan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Kurikulum 2013 telah dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan, setiap pertemuan peserta workshop diberikan materi yang berbeda,yang meliputi materi model-model pembelajaran di SD, analisis statistika untuk penelitian dan menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pengabdian pada masyarakat ini adalah guru-guru SD di Kecamatan Kadipaten sebanyak 60 orang. Selama kegiatan pengabdian ini berlangsung, semua Peserta Workshop yang berjumlah 60 orang sudah dapat menyelesaikan laporan PTK dengan baik, dan 9 orang diantaranya sudah menggunakannya untuk kenaikan pangkat/golongan
Copyrights © 2015