Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2: Agustus (2024)

Studi Komparatif Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Peningkatan Mutu Sekolah di Sekolah Dasar dalam Gugus III Wilayah Kota Sigli

Noralita Noralita (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Mulia Putra (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Rahmattullah Rahmattullah (Universitas Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis perbandingan implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 2 Tijue dengan SDN 2 Teubeng, dampak implementasi Kurikulum Merdeka terhadap mutu sekolah di SDN 2 Tijue dan SDN 2 Teubeng serta kendala implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 2 Tijue dan SDN 2 Teubeng. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan jenis deskripsi. Informan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil kurikulum, guru dan guru penggerak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Perbandingan implementasi Kurikulum Merdeka terlihat pada pelaksanaan pembelajaran dimana SDN 2 Tijue selain pelaksaan P5 yang sudah dilakukan dalam berbagai bidang, juga menjalankan pembelajaran berdiferensiasi, Sedangkan di SDN 2 Teubeng implementasi Kurikulum Merdeka masih terlihat minim dan lebih memfokuskan pada penerapan. Dampak implementasi Kurikulum Merdeka terhadap mutu sekolah ialah meningkatkan prestasi dan kompetensi kinerja elemen sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...