Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2: Agustus (2024)

Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Multiguna Trust di Wilayah PLN UP3 Samarinda

Unairirosi, Rizka (Unknown)
Jaya, Amir (Unknown)
Londing, Jerliyen Pramita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Tindakan efisiensi ini harus mempertimbangkan kualitas barang atau jasa yang dihasilkan. Efisiensi sangat berpengaruh dalam menekan biaya, sehingga harga produk dan jasa dapat dijangkau oleh konsumen. Konsumen adalah elemen yang sangat penting dan berpengaruh dalam perkembangan perusahaan yang maju. Konsep kualitas sering dianggap sebagai ukuran kebaikan suatu produk atau jasa. Persepsi terhadap kualitas mencerminkan perasaan konsumen yang secara menyeluruh. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan penulis sebelumnya dan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, menganalisis dan menjelaskan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah para pelanggan yang sebelumnya pernah atau sudah melakukan pembelian produk Multiguna Trust pada PLN di Wilatah UP3 Samarinda periode 2023. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil Penelitian kedua,variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...