Merpsy Journal
Vol 15, No 2 (2023)

School Well-Being dan Motivasi Belajar pada Siswa SMA

Wahyudi, Muhammad Farhan Kusuma (Unknown)
Wisudawati, Winy Nila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Siswa memiliki hak untuk mendapatkan school well-being dalam belajar demi menggapai cita-cita yang diinginkan. Adapun school well-being dalam belajar siswa belum banyak diperhatikan seperti yang sangat berakibat menurunnya motivasi belajar siswa menunjukkan pada sampel kelas 10 dan 12. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan school well-being dengan motivasi belajar siswa di SMA Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Adapun responden yang didapat 115 siswa jumlah keseluruhan siswa dari kelas 10, 11, 12 dengan menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan skala school well-being berdasarkan diadaptasi oleh peneliti yang berjumlah 16 item dan skala motivasi belajar menurut diadaptasi oleh peneliti yang berjumlah 19 item. menggunakan uji korelasi pearson menghasilkan nilai persentase school well-being dan motivasi belajar 33,7% pada siswa SMA Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Artinya school well-being berkorelasi positif atau berhubungan positif searah dengan motivasi belajar pada siswa SMA Asysyakirin Kota Tangerang. Menggunakan uji crosstabs untuk memperkuat adanya hubungan pada variabel school well-being dengan motivasi belajar menghasilkan nilai pearson chi-square 0,038 < 0,05 pada kelas 11.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

merpsy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Merpsy Journal is an open-access journal that publishes empirical research aimed at advancing our understanding of theoretical issues in the field of psychology with an approach model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research ...