Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 25 responden dari populasi sejumlah 3925 nasabah. Validitas instrumen penelitian diuji dengan membandingkan nilai korelasi hitung dengan nilai kritis (rtabel) pada taraf signifikansi 0,05. Sementara reliabilitas instrumen penelitian diuji menggunakan metode Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Kamal Bangkalan, dengan nilai thitung (1,717) melebihi ttabel (1,708). Begitu pula dengan bagi hasil, yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Kamal Bangkalan, dengan nilai thitung (0,943) yang lebih besar dari ttabel (0,432). Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat menabung di lembaga keuangan syariah serta implikasinya terhadap pengembangan layanan dan kebijakan di BMT UGT Nusantara Capem Kamal Bangkalan. Kata Kunci: Bagi Hasil, Minat Menabung, Pelayanan
Copyrights © 2024