Jurnal Pengabdian Masyarakat Tekno
Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021

Peningkatan Kualitas Layanan Surat Pengantar RT Melalui Pembuatan Aplikasi Daring SIP-RT

Ahmad Fitriansyah (Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma)
Ibnu Adam Nur (Universitas MH Thamrin)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pelayanan publik dengan tujuan efektifitas dan efisiensi pelayanan mutlak kewajiban amanat Undang-Undang tentang informasi dan transaksi elektronik. Dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia yang mencapai 64,8% dari jumlah penduduk menunjukan bahwa penggunaan layanan berbasis internet dapat diterapkan. Kendala yang ada saat ini adalah kemampuan pejabat publik dalam mengembangan penggunaan teknologi informasi. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan surat pengantar bagi warga dilokasi mitra melalui pemanfaatan teknologi informasi. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan metode siklus pengembangan sistem pada bulan Januari sampai Juli 2020 di wilayah RT.01 RW.11 Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja Kota Administrasi Jakarta Utara Propinsi DKI Jakarta. Hasil kegiatan berupa aplikasi pelayanan surat pengantar dan iuran bulanan RT yang melayani warga dilokasi mitra, dimana proses pelayanan dari pendataan sampai pencetakan surat pengantar dapat dilakukan secara mandiri oleh warga melalui jaringan internet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAMTEKNO

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

JAM-TEKNO : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di ranah pengabdian kepada masyarakat yang berbasiskan pada bidang INFORMATIKA. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, pemasaran, Teknologi Tepat Guna (TTG), desain, ...