PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol. 8 No. 2 (2024): AGUSTUS 2024

FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN INSTALASI GAWAT DARURAT RSU GMIM KALOORAN AMURANG PASCA PANDEMI COVID-19

Repi, Noviano B. (Unknown)
Rampengan, Novie H. (Unknown)
Wariki, Windy M. V. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Di era globalisasi kepuasan pasien merupakan indicator penting rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat ketika membutuhkan pengobatan dan sebagai cerminan kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di IGD serta faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Penelitian ini melibatkan 100 sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Dalam mengukur hubungan variabel digunakan analis uji chi square. Variabel bebas penelitian ini adalah responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability. Variabel terikat penelitian ini adalah kepuasan pasien. Data hasil penelitian di analisis secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan tipe perawatan pasien rawat inap dari IGD sebesar 68% sedangkan rawat jalan sebesar 32%. Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (64%). Umur responden paling banyak pada range 26-35 tahun (32%). Tingkat pendidikan responden terbanyak SMA (50%) dan pekerjaan responden mayoritas IRT (32%). Hasil uji Chi-square didapatkan hubungan responsiveness dengan kepuasan p=0,000. Hubungan assurance dengan kepuasan didapatkan p=0,002. Hubungan tangible dengan kepuasan didapatkan p=0,001. Hubungan empathy dengan kepuasan didapatkan p=0,000. Hubungan reliability dengan kepuasan didapatkan p=0,000. Hasil uji regresiĀ  menunjukkan semua variabel memiliki nilai p > 0,05. Terdapat tiga variable yang paling berpengaruh yaitu empathy, responsiveness dan reliability. Kesimpulan, terdapat hubungan antara faktor responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability dengan kepuasan pasien IGD RS GMIM Kalooran Amurang. Oleh karena itu diharapkan Rumah Sakit dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanan khusunya empathy/sikap peduli oleh dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya yang bekerja di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

prepotif

Publisher

Subject

Public Health

Description

PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat adalah bidang kesehatan yang luas seperti kesehatan masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Epidemiologi, keperawatan, kebidanan, kedokteran, farmasi, psikologi kesehatan, nutrisi, teknologi kesehatan, analisis kesehatan, sistem informasi kesehatan, hukum ...