Rumah sakit merupakan tempat pemberi layanan kesehatan yang menyediakan pelayanan individual yang komprehensif dengan memberikan layanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Kebutuhan sistem informasi yang akurat serta memadai diperlukan guna meningkatkan pelayanan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan pendaftaran online rawat jalan di RS Muhammadiyah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan 90 sampel pengguna mobile JKN. Penelitian ini menunjukkan hasil prosentase efektivitas pelayanan pendaftaran online rawat jalan di RS Muhammadiyah yakni sebesar 76,53% dikatakan efektif berdasarkan pengolahan data kuesioner. Pelayanan pendaftaran online dapat dikatakan efektif karena berkaitan dengan efektivitas waktu antre pendaftaran. Beberapa upaya yang dapat menjadi masukkan terkait efektivitas pelayanan pendaftaran online adalah dengan melakukan sosialiasi menyeluruh yang lebih vokal terkait pelayanan pendaftaran online, mekanisme dari penggunaan pendaftaran online perlu adanya evaluasi lanjutan, serta melakukan peningkatan kualitas teknologi baik dari pihak BPJS yang menaungi mobile JKN maupun pihak Rumah Sakit agar beberapa kendala yang mengakibatkan terjadinya error dalam penggunaan mobile JKN dapat teratasi.
Copyrights © 2024