Stress akademik pada mahasiswa keperawatan yang menjalani kuliah sambil bekerja cenderung sangat kompleks, dimana harus mampunya membagi waktu antara jadwal kerja dengan jadwal perkuliahan selain itu seseorang yang kuliah sambil bekerja memiliki resiko adanya penurunan prestasi akademik dan salah satu aspeknya bisa disebabkan oleh motivasi belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk hubungan tingkat stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa program studi S1 Keperawatan yang kuliah sambil bekerja di Universitas Indonesia Maju. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan pendekatan crossectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu 75 mahasiswa S1 Keperawatan ekstensi tahun ajaran 2022. Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Student-Life Stres Inventory dan kuesioner Students Motivation Toward Sience Learning dan analisa data menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa lebih dari setengahnya mahasiswa program studi S1 Keperawatan yang kuliah sambil bekerja di Universitas Indonesia Maju memiliki tingkat stres akademik sedang (68%), lebih dari setengahnya memiliki motivasi belajar sedang (74,7%) dan terdapat hubungan antara stres akademik dengan motivasi berprestasi pada mahasiwa S1 Keperawatan yang kuliah sambil bekerja di Universitas Indonesia Maju dengan nilai p value 0,000 dengan korelasi negatif kuat (-0,818). Semakin motivasi belajar tinggi maka stres akademik akan semakin rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi diri bagi para mahasiswa agar lebih memperhatikan kondisi kesehatanya baik secara fisiologis ataupun psikologis
Copyrights © 2024