Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik dan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Rajawali Kota Makassar. Sumber data penelitian adalah operator sekolah, kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program pelayanan telah terlaksana, seperti mengisi buku kegiatan harian, melakukan entri data siswa, melakukan pencermatan untuk input data yang berhubungan dengan tunjangan sertifikasi, melakukan cek data GTK verifikasi data di laman (website), melakukan entri data GTK, melakukan entri data yang bersumber dari F-SEK.F.PD dan F-GTK, melakukan input data sesuai dengan formulir yang diisi, membuat program kerja, membuat formulir isian untuk siswa, dan membuat laporan, 2) Faktor pendukung yaitu fasilitas yang memadai dan kemampuan yang dimiliki oleh operator sekolah serta dukungan dari pihak-pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu lambatnya respons dari orang tua siswa atau guru dan kurangnya jumlah tenaga operator sekolah yang mendukung kelancaran tugas pengolahan data Dapodik.
Copyrights © 2024