Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor informasi tentang pentingnya memahami dan mengimpelentasikan evaluasi pembelajaran dilembaga pendidikan khusunya tingkat SD/MI yakni di MI Miftahul Ulum 1 Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan studi literatur. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi kelas, dokumentasi, jurnal akademik, buku, artikel, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil temuan dari penelitian yakni: pertama, Konsep dasar evaluasi pembelajaran MI Miftahul Ulum 1 Gondang  kompetensi guru dalam membuat intrumen penilaian pada saat Penilaian harian, penilaian tengah semester, dan Penilaian akhir Semester/Tahun (PAS/PAT). Kedua, prinsip- prinsip evaluasi pembelajaran yang diteapkan di MI Miftahul Ulum 1 Gondang yakni: Kontiniuitas, Keseluruhan, Objektivitas, dan Kooperatif. Ketiga, tujuan evaluasi pembelajaran MI Miftahul Ulum 1 Gondang Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa-siswi, mengukur kemampuan siswa, dan  memberikan informasi. Kesimpulan bahwa tulisan ini menujukkan konsep, prinsip, dan model-model evaluasi pembelajaran pada proses pembelajaran MI Miftahul Ulum 1 Gondang sudah terlaksana dengan baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024