Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis dengan model teori Teun A. Van Dijk untuk menganalisis iklan Shampo Pantene berjudul “ Labels Against Women ! 60s.” Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui analisis teori Teun A. Van Dijk. Fokus penelitian ini pada dimensi teks, yang disusun secara makro, superstruktur dan struktur mikro. Secara struktur makro iklan ini memiliki topik kehidupan, dan ide pokok memvisualkan bias gender dan seksisme untuk mengetahui pesan-pesan, menguraikan citra yang disampaikan melalui audio-visual iklan dengan mengkomparasikan budaya gender di Indonesia. Dalam suprastruktur terdapat, orientasi yang menyampaikan latar belakang tema, komplikasi menggambarkan frame tiap adegan untuk menggambarkan iklan secara keseluruhan, mendeskripsikan tanda yang mengandung unsur budaya gender. Serta dalam struktur mikro, menunjukkan penggunaan sintaksis, semantik, dan stilistik yang tepat untuk membangkitkan minat dan perhatian audiens terhadap iklan. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan tersebut secara efektif hasilnya, iklan Pantene ini mengkampanyekan kesetaraan gender, dan menentukan wanita pekerja sebagai konsumen.
Copyrights © 2024