Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): JUNI - JULI 2024

ANALISIS WACANA KRITIS TEORI TEUN A. VAN DIJK PADA IKLAN SHAMPO PANTENE: LABELS AGAINST WOMEN

Sri Windari (Unknown)
Oktavia Stevani Nainggolan (Unknown)
Putri Mawaddah Tanjung (Unknown)
Pebryola Mahulae (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis dengan model teori Teun A. Van Dijk untuk menganalisis iklan Shampo Pantene berjudul “ Labels Against Women ! 60s.” Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui analisis teori Teun A. Van Dijk. Fokus penelitian ini pada dimensi teks, yang disusun secara makro, superstruktur dan struktur mikro. Secara struktur makro iklan ini memiliki topik kehidupan, dan ide pokok memvisualkan bias gender dan seksisme untuk mengetahui pesan-pesan, menguraikan citra yang disampaikan melalui audio-visual iklan dengan mengkomparasikan budaya gender di Indonesia. Dalam suprastruktur terdapat, orientasi yang menyampaikan latar belakang tema, komplikasi menggambarkan frame tiap adegan untuk menggambarkan iklan secara keseluruhan, mendeskripsikan tanda yang mengandung unsur budaya gender. Serta dalam struktur mikro, menunjukkan penggunaan sintaksis, semantik, dan stilistik yang tepat untuk membangkitkan minat dan perhatian audiens terhadap iklan. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan tersebut secara efektif hasilnya, iklan Pantene ini mengkampanyekan kesetaraan gender, dan menentukan wanita pekerja sebagai konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...