Peningkatan pembelajaran pada peserta didik diperoleh melalui pendidikan dengan melalui proses pembelajaran tentunya guru harus memilih model pembelajaran yang tepat untuk dipakai dalam penyampaian materi ajar terutama untuk pelajaran yang sulit dimengerti oleh siswa. Selain model pembelajaran, guru harus dapat menciptakan suasana belajar kondusif dan membuat pelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Pembelajaran Bahasa Indonesia menekankan pada pemerolehan keterampilan berbahasa. Keempat keterampilan tersebut adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Setiap keterampilan berbahasa merupakan keterampilan yang saling berhubungan dan melengkapi. Menyimak dan berbicara saling bergantung. Dalam penelitian ini, peneliti memilih model problem based learning sebagai sebuah alternatif dalam pembelajaran di kelas yang bertujuan agar mencapai suatu keterampilan dalam pembelajaran menulis teks puisi yang baik dan benar sebagaimana mestinya. Problem Based Learning (PBL) merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik level sangat tinggi sampai dengan 69% dan level tinggi sampai dengan 24,2% (Nafiah and Suyanto). Berdasarkan uraian diatas, peneliti memilih penelitian dengan judul “ Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII - A SMP Negeri 4 Sibolga Tahun Pelajaran 2023/ 2024 ”. adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis puisi.
Copyrights © 2024