Model discovery learning mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk secara mandiri mengeksplorasi konsep-konsep yang akan mereka jelaskan dalam teks eksplanasi. Dengan demikian, model ini tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga memperdalam pemahaman. Masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, peserta didik kurang imajinatif dalam menentukan topik teks eksplanasi, peserta didik kurang memahami struktur dan unsur kebahasaan teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar teks eksplanasi menggunakan model discovery learning pada kelas VIII SMP Swasta Jambi Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini penggunaan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Swasta Jambi Medan tahun ajaran 2023/2024
Copyrights © 2024