Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): JUNI - JULI 2024

Meningkatkan Minat Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Seni Melalui Kegiatan Mozaik Di TK Berngem Kids Kota Binjai

Delta Fariza (Unknown)
Oktarini Fajriah (Unknown)
Muftila Alsiana Putri (Unknown)
Elya Siska Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat anak usia 5-6 tahun dalam seni melalui kegiatan mozaik. Minat terhadap seni pada usia dini sangat penting karena dapat mengembangkan kreativitas, keterampilan motorik halus, dan kemampuan kognitif anak. Kegiatan mozaik dipilih sebagai metode pembelajaran karena melibatkan proses yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat menarik perhatian anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara. Partisipan penelitian adalah anak-anak dari kelompok usia 5-6 tahun di sebuah taman kanak-kanak di TK Brengam Kids Kota Binjai. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru, serta analisis karya mozaik yang dihasilkan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mozaik dapat efektif dalam meningkatkan minat anak usia 5-6 tahun terhadap seni karena dalam membuatnya banyak kegaiatan yang disukai anak seperti mengambungkan warana yang akan di tempel, memilih biji bijian yang akan membuat anak penasaran bisa juga mengerjakannya dengan berkelompok sehingga anak akan minat untuk melakukan kegiatan seni.Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan mozaik efektif dalam meningkatkan minat anak usia 5-6 tahun terhadap seni dan merekomendasikan penerapan metode ini dalam kurikulum pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...