SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Analisis Model Aisas Menggunakan Instagram Sebagai Strategi Pt Asuransi Tokio Marine Indonesia

Diningrum, Anisa Epri (Unknown)
Rachmawanti, Ranti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Perusahaan asuransi umum mulai memperhatikan segmen ritel, salah satunya adalah PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Media sosial menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk melakukan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien di segmen ritel. Media sosial merupakan tempat bagi konsumen untuk mencari informasi tentang produk dan berbagi informasi produk. Hal ini sangat penting terutama untuk produk dengan karakteristik kepercayaan seperti asuransi umum. Karakteristik produk dan perkembangan internet serta penggunaan media sosial membuat perubahan dalam model perilaku konsumen dari AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) menjadi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia pada Instagram menggunakan model AISAS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tahap Share dalam AISAS sangat penting bagi perusahaan, namun perusahaan belum menerapkan strategi apa pun pada tahap ini. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan mengimplementasikan strategi pada tahap Share mengingat informasi tentang pengalaman konsumen untuk produk dengan karakteristik kepercayaan sangat penting untuk memengaruhi keputusan pembelian. Kata Kunci: AISAS, Asuransi, Instagram

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...