Perusahaan asuransi umum mulai memperhatikan segmen ritel, salah satunya adalah PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Media sosial menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk melakukan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien di segmen ritel. Media sosial merupakan tempat bagi konsumen untuk mencari informasi tentang produk dan berbagi informasi produk. Hal ini sangat penting terutama untuk produk dengan karakteristik kepercayaan seperti asuransi umum. Karakteristik produk dan perkembangan internet serta penggunaan media sosial membuat perubahan dalam model perilaku konsumen dari AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) menjadi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia pada Instagram menggunakan model AISAS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tahap Share dalam AISAS sangat penting bagi perusahaan, namun perusahaan belum menerapkan strategi apa pun pada tahap ini. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan mengimplementasikan strategi pada tahap Share mengingat informasi tentang pengalaman konsumen untuk produk dengan karakteristik kepercayaan sangat penting untuk memengaruhi keputusan pembelian. Kata Kunci: AISAS, Asuransi, Instagram
Copyrights © 2023