SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Strategi Pengembangan Objek Wisata Pemandian Air Panas Pariban di Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Iman, Saniah Nurul (Unknown)
Winata, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan strategi pengelola dalam mengembangkan objek wisata air panas serta potensi yang belum diketahui yang terdapat pada objek wisata pemandian air panas dalam hal menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak pada ekonomi dan pendapatan masyrakat daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara pengelola, masyarakat sekitar dan wisatawan dari Objek Wisata Air Panas Pariban. Objek dari penelitian ini adalah pengelolaan Objek Wisata, pengembangan serta peningkatan Objek Wisata Air Panas Pariban. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berupa wawancara bersama dengan pengelola Objek Wisata Air Panas Pariban terkait strategi dan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan Objek Wisata Air Panas Pariban dalam tujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah dengan melalukan perubahan dan perbaikan di beberapa titik dan spot yang ada menjadi lebih menarik dan tertata dengan baik, bersih dan rapi. Serta melalukan penambahan fasilitas termasuk salah satunya fasilitas pengenapan beberapa villa untuk wisatawan dapat menginap dengan nyaman yang semua itu akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan melalui promosi yang dilakukan wisatawan itu sendiri. Kata Kunci: pengembangan, pengelolaan, Air Panas Pariban

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...