Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Reputasi Kolektif, Label Produk, dan Iklan Media Sosial terhadap Reputasi Merek dan Keterikatan Emosional pada produk air mineral kemasan. Dalam penelitian ini, reputasi kolektif dan iklan media sosial diidentifikasi sebagai faktor penting yang berperan dalam mempengaruhi persepsi positif konsumen terhadap merek air mineral kemasan. Penelitian ini melibatkan 210 konsumen aktif yang secara rutin mengkonsumsi air mineral kemasan dan aktif menggunakan media sosial. Data yang dikumpulkan dari para responden dianalisis menggunakan model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan software AMOS untuk memahami hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa Reputasi Kolektif, Iklan Sosial media secara signifikan berpengaruh terhadap Reputasi Merek dan reputasi ini tinggi sehingga mempengaruhi Keterikatan Emosional. sebagai hasilnya, mempengaruhi positif terhadap minat beli konsumen. Temuan ini menyoroti pentingnya memperkuat collective reputation, memperhatikan product label yang jelas, dan mengoptimalkan media sosial advertising untuk meningkatkan persepsi merek dan hubungan emosional dengan konsumen. Implikasi teoritis dan praktis dari penelitian ini menyarankan perusahaan air mineral kemasan untuk meningkatkan strategi pemasaran yang menekankan pada reputasi merek kolektif, efektivitas kampanye media sosial guna mendukung keputusan pembelian yang lebih baik.
Copyrights © 2024