UMKM menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern. Hal ini karena keberadaannya membantu ekonomi masyarakat. Usaha mikro kecil menengah memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan, mobilitas, dan kemajuan ekonomi Indonesia. Dalam membangun usahanya para pelaku UMKM menggunakan modal yang sangat kecil dibandingkan dengan usaha yang mempunyai skala besar, dan hal itu mampu dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya sehingga hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri. Dianggap sebagai pilar utama pembangunan ekonomi, UMKM harus terus didorong, diberi kesempatan, dan didukung untuk mendukung ekonomi kerakyatan, karena potensinya yang besar untuk menggerakkan kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan sebagian besar masyarakat, pemberdayaan UMKM menjadi sangat strategis dan sangat penting. Pada UMKM Omah Jamu Bantul Yogyakarta tepatnya pada UMKM perorang, masih memiliki kekurangan dalam membuat identitas brand yang dimiliki. Masalah yang dihadapi adalah UMKM tersebut adalah tidak mempunyai banner sebagai alat untuk menujukan letak tempat usaha agar mampu menarik konsumen serta kurangnya pemasaran yang lebih kreatif melalui pembuatan brosur dengan menggunakan canva, sehingga usaha tersebut mampu diketahui oleh banyak orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode dokumentasi dan persiapan serta design dan pelaksanaan, hal bertujuan memberikan pengetahuan yang baru tentang penggunaan media sosial dalam pemasara produk.
Copyrights © 2024