SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 1.1 (2024)

Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran dan Usia Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Fitri, Anggita (Unknown)
Astriani, Devi (Unknown)
Nasihin, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penurunan nilai perusahaan yang signifikan akibat dampak Covid-19 yaitu ketakutan yang menyebabkan penjualan aset perusahaan menurun, hal ini juga dapat berdampak pada tersebarnya CSR untuk meningkatkan citra merek, reputasi perusahaan dan validasi dari masyarakat atau pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Corporate Social Responsibility suatu perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan dan bagaimana usia dan ukuran perusahaan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperkuat atau mengurangi dampak negatif perusahaan. Dalam penelitian ini populasi perusahaan manufaktur bahan baku dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia digunakan sebagai metode deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan purposive dan perusahaan yang memenuhi kriteria ini adalah perusahaan yang memproduksi bahan baku dan bahan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 hingga 2022 serta perusahaan yang menerbitkan laporan intensif pada periode yang sama. Analisis regresi yang dimoderasi (MRA) dan uji asumsi tradisional merupakan metode analisis yang digunakan. Kesimpulan analisis yang didapat adalah CSR mempunyai pengaruh yang besar terhadap nilai perusahaan, dampak tersebut dapat dikurangi dengan besarnya ukuran dan umur perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah menyediakan data betapa pentingnya tampilan CSR karena semakin besar tampilan CSR akan mempengaruhi citra merek perusahaan sehingga nilai perusahaan dapat meningkat didukung oleh ukuran dan lamanya perusahaan tersebut berdiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...