Penurunan nilai perusahaan yang signifikan akibat dampak Covid-19 yaitu ketakutan yang menyebabkan penjualan aset perusahaan menurun, hal ini juga dapat berdampak pada tersebarnya CSR untuk meningkatkan citra merek, reputasi perusahaan dan validasi dari masyarakat atau pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Corporate Social Responsibility suatu perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan dan bagaimana usia dan ukuran perusahaan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperkuat atau mengurangi dampak negatif perusahaan. Dalam penelitian ini populasi perusahaan manufaktur bahan baku dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia digunakan sebagai metode deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan purposive dan perusahaan yang memenuhi kriteria ini adalah perusahaan yang memproduksi bahan baku dan bahan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 hingga 2022 serta perusahaan yang menerbitkan laporan intensif pada periode yang sama. Analisis regresi yang dimoderasi (MRA) dan uji asumsi tradisional merupakan metode analisis yang digunakan. Kesimpulan analisis yang didapat adalah CSR mempunyai pengaruh yang besar terhadap nilai perusahaan, dampak tersebut dapat dikurangi dengan besarnya ukuran dan umur perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah menyediakan data betapa pentingnya tampilan CSR karena semakin besar tampilan CSR akan mempengaruhi citra merek perusahaan sehingga nilai perusahaan dapat meningkat didukung oleh ukuran dan lamanya perusahaan tersebut berdiri.
Copyrights © 2024