SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Literasi Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Generasi Z Di Kota Batam

Triyono, Juliyanti Binti Joko (Unknown)
Sitorus, David Humala (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, kecerdasan spiritual, dan gaya hidup hedonisme terhadap pengelolaan keuangan pribadi generasi Z di Kota Batam. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 45.412 responden. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan guna menemukan hubungan antar variabel pada sebuah populasi. Sifat dari penelitian ini yaitu dalam bentuk replikasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden dengan menggunakan skala likert. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, untuk uji asumsi klasik pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas, untuk uji hipotesis pada penelitian ini yaitu uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan bantuan SPSS 25. Hasil yang diperoleh dari uji t ialah literasi keuangan, kecerdasan spiritual, dan gaya hidup hedonisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi generasi Z di Kota Batam. Hasil uji f yang didapat bahwa literasi keuangan, kecerdasan spiritual, dan gaya hidup hedonisme secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Kecerdasan Spiritual, dan Gaya Hidup Hedonisme, Pengelolaan Keuangan Pribadi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...