Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

LITERATURE REVIEW : ANALISIS MANFAAT PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN

Maf'ulla, Alieffatul Amri (Unknown)
Rachmawati, Ilmadira Izni (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk menguji bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan pertambangan. Hubungan antara CSR dengan pandangan terhadap citra bisnis dinilai melalui studi literatur pada tahun 2019 hingga 2023 dengan menggunakan teknik systematic literatur review (SLR). Berdasarkan studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang menerapkan inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berkelanjutan di lima bidang utama: pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, dan bantuan sosial ke masyarakat lokal dan meningkatkan reputasi perusahaan. Sayangnya, banyak perusahaan yang hanya menerapkan inisiatif CSR untuk sementara waktu, biasanya untuk meningkatkan reputasi mereka atau untuk tujuan awal, dengan dampak jangka panjang yang kecil terhadap lingkungan atau masyarakat. Meskipun tidak selalu jelas bagaimana inisiatif CSR suatu perusahaan berhubungan dengan prinsip-prinsip intinya, pengungkapan inisiatif tersebut penting untuk memenuhi kewajiban perusahaan terhadap pemangku kepentingan. Penerapan inisiatif CSR yang sejalan dengan tujuan pembangunan daerah dan kemandirian daerah memerlukan kolaborasi yang efektif antara dunia usaha, pemerintah, dan pemangku kepentingan. Membangun citra bisnis yang baik melalui inisiatif CSR memerlukan fokus yang kuat pada kebutuhan masyarakat, keterbukaan dalam pengungkapan CSR, dan kerja sama tim yang kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...