JOIN (Jurnal Online Informatika)
Vol 1 No 1 (2016)

Implementasi Algoritma Fisher-Yates dan Fuzzy Tsukamoto dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android

Haditama, Imam (Unknown)
Slamet, Cepy (Unknown)
Fauzy, Deny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Titi laras merupakan tangga nada yang digunakan pada jenis alat musik karawitan (gamelan) yang merupakan salah satu seni kebudayaan Jawa Barat. Karena kesenian merupakan salah satu unsur budaya yang bersifat universal, maka kesenian tersebut perlu dilestarikan. Fisher-Yatesmerupakanteknik pengacakan pada soal sehingga soal yang keluar akan berbeda dan bisa dihasilkan tanpa pengulangan dan duplikasi. Fuzzy  Tsukamotomerupakan metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan untuk  menentukan skor pada akhir kuis. Untuk menentukan berapa nilai tertinggi dalam kuis adalah dengan cara menghitung x = waktu dan x = nilai, proses perhitungan dilakukan dengan cara menghitung variabel-varibel Fuzzy Logicyang telah ditentukan. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa Fisher-Yatesmampu menentukan solusi pengacakan yang tidak berganda dan pengacakan objek yang variatif. Fuzzy Tsukamoto memiliki akurasi yang  cukup baik antara perhitungan berdasarkan sistem dan perhitungan secara manual, meskipun tidak menunjukan hasil yang 100% sama pada masing-masing perhitungan. Rentan nilai antara perhitungan sistem dengan perhitungan manual mempunyai rentan  yang berbeda pada setiap nilainnya

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JOIN (Jurnal Online Informatika) is a scientific journal published by the Department of Informatics UIN Sunan Gunung Djati Bandung. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics. JOIN (Jurnal Online Informatika) is published ...