Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol 12, No 2 (2024)

AUGMENTED REALITY PADA GAMBAR PAKAIAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Rachmat Mahardika Putra (Siliwangi University)
Aldy Putra Aldya (Siliwangi University)
Eka Wahyu Hidayat (Siliwangi University)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Abstrak. Menghadapi persaingan yang semakin ketat. Perusahaan pakaian (PT. Ke-percayaan Bersama) semakin memperhatikan potensi Augmented Reality (AR) sebagai bagian dari strategi promosi untuk menginvestigasi dampak penerapan aplikasi dalam promosi merek pa-kaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi AR dalam promosi merek pa-kaian secara signifikan menunjukkan keterlibatan konsumen lebih tinggi, dan berinteraksi secara lebih menarik dengan produk merek. Pengguna aplikasi AR ini menegaskan bahwa AR dapat dianggap sebagai alat bantu dalam meningkatkan keterlibatan konsumen. Evaluasi usabilitas aplikasi AR menggunakan Kuesioner System Usability Scale (SUS) menunjukkan hasil yang positif. Aplikasi AR memperoleh skor rata-rata sebesar 71, yang berada dalam kategori "Acceptable" (diterima). Ini menunjukkan bahwa aplikasi AR dianggap baik untuk digunakan oleh pengguna, dengan per-ingkat "Good" (baik) dalam segi usabilitas. Penelitian ini memberikan pandangan yang berharga tentang potensi teknologi AR dalam industri pakaian, serta memberikan dukungan empiris terhadap penggunaan aplikasi AR dalam upaya memperkuat merek dan memperbaiki pen-galaman konsumen. Hasil ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemahaman tentang manfaat AR dalam konteks pemasaran merek pakaian, membuka peluang untuk pengembangan strategi promosi yang lebih interaktif. Abstract. Facing increasingly fierce competition, a clothing company (PT. Kepercayaan Bersama) is increasingly paying attention to the potential of Augmented Reality (AR) as part of its promotion strategy to investigate the impact of application in clothing brand promotion. The results showed that the application of AR applications in clothing brand promotion significantly showed higher consumer engagement, and interacted more interestingly with brand products, even improving brand perception among consumers. Users of this AR application confirmed that AR can be considered as a tool in increasing consumer engagement. The usability evaluation of the AR application using the System Usability Scale (SUS) questionnaire showed positive results. The AR app obtained an average score of 71, which is in the "Acceptable" category. This indicates that the AR application is considered good to use by users, with a rating of "Good" in terms of usability. This research provides valuable insights into the potential of AR technology in the apparel industry, as well as providing empirical support for the use of AR applications in efforts to strengthen brands and improve consumer experiences. These results make a significant contribution to the under-standing of the benefits of AR in the context of apparel brand marketing, opening up opportunities for the development of more interactive promotional strategies.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...