The Population and Civil Registration Office of Jombang Regency is one of the government agencies of Jombang Regency that has implemented E-Government. In this case, “Dispendukcapil†Jombang Regency created an information system called "Ning Yaonah." This research aims to identify attributes that are the main focus of improvement and develop recommendations to improve the quality of E-Government services. This research applies the E-Govqual and IPA methods. The E-Govqual method is used to assess the quality of information system services owned by government agencies, while IPA is used to help prioritize attributes that require improvement. This study uses four variables belonging to E-Govqual with 21 statement attributes. Of the 80 respondents, the results of the analysis of the level of conformity showed a value of 78.45% and a gap level value (GAP) of -0.93. This indicates that the current performance of information system services has not been able to meet user expectations. The results showed that there are seven attributes with the highest priority for improvement, namely EF1, EF3, EF5, EF6, EF7, RL2, and RL3.Keywords: E-Govqual; Information System Service Quality; E-Government; Importance Performance AnalysisAbstrakDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang merupakan salah satu instansi pemerintah Kabupaten Jombang yang telah menerapkan E-Government. Dalam hal ini Dispendukcapil Kabupaten Jombang menciptakan sistem informasi bernama “Ning Yaonahâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang menjadi fokus utama perbaikan dan menyusun rekomendasi guna meningkatkan kualitas layanan E-Government. Penelitian ini menerapkan metode E-Govqual dan IPA. Metode E-Govqual digunakan untuk menilai kualitas layanan sistem informasi yang dimiliki oleh instansi pemerintah, sedangkan IPA digunakan dalam membantu menentukan prioritas atribut yang memerlukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan 4 variabel milik E-Govqual dengan 21 atribut pernyataan. Dari 80 responden subjek penelitian, hasil analisis tingkat kesesuaian menunjukkan nilai sebesar 78,45%, dan nilai tingkat kesenjangan (GAP) sebesar -0,93. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja layanan sistem informasi saat ini belum dapat memenuhi harapan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 atribut dengan prioritas utama untuk diperbaiki, yaitu EF1, EF3, EF5, EF6, EF7, RL2, dan RL3.Kata kunci: E-Govqual; Kualitas Layanan Sistem Informasi; E-Government; Importance Performance Analysis
Copyrights © 2024