Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): August 2024

Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika untuk Mengoperasikan Bilangan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak-anak di Desa Biji Nangka

Astri Ramadhani (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Hardiyanti Ridwan (Universitas Islam Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Operasi bilangan  merupakan materi dasar dan pokok dalam pembelajaran matematika, sedangkan yang terlihat di lapangan bahwa anak-anak masih  minim pemahaman mengenai operasi bilangan. Ini menyebabkan karena sejak dini anak-anak sudah tidak tertarik belajar matematika karena materi yang susah sehingga membuat pembelajaran matematika kurang diminati. Oleh karena itu, perlu dikenalkan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan sejak dini agar anak tertarik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan bimbingan belajar yang dilakukan secara rutin untuk siswa Sekolah Dasar  Desa Biji Nangka setiap hari Senin dan Kamis selama satu bulan lamanya. Pengabdian dalam bentuk bimbingan belajar matematika ini bertujuan untuk menanamkan konsep operasi bilangan yang mudah dipahami serta memambah minat anak dalam belajar karena metode yang mudah dan menyenangkan.  Metode yang paling cocok digunakan adalah metode jarimatika yaitu berhitung menggunakan jari-jari tangan. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan berhitung dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan serta meningkatkan minat belajar matematika  anak-anak di Desa Biji Nangka dengan  metode jarimatika melalui bimbingan belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mosaic

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...