Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): August 2024

Penerapan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar di SMAN 2 Majene

Darwis Darwis (STAIN Majene)
Suleman Suleman (STAIN Majene)
Dheanda Aulia Fitri Al Azizah (STAIN Majene)
Mutmainnah Mutmainnah (STAIN Majene)
Muhammad Syahrul Ulum Ahmad (STAIN Majene)
Muhammad Zadiq (STAIN Majene)
Umar Gandi (STAIN Majene)
Nuraqillah Nuraqillah (STAIN Majene)
Nurmukhfida Nurmukhfida (STAIN Majene)
Hijrah Hijrah (STAIN Majene)
Dila Sari (STAIN Majene)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi calon guru yang tujuan utamanya untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang sesungguhnya. Di dalam artikel tersebut memuat perolehan hasil Praktik Pengalaman Lapangan oleh mahasiswa STAIN Majene angkatan IV, yang mengabdi di SMAN 2 Majene guna untuk mengetahui kemampuan dalam mengajar sebagai calon guru profesional yang termuat dalam jurusan Tarbiyah dan Keguruan. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPL mendapati hasil belajar siswa SMAN 2 Majene pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Inggris secara keseluruhan masuk dalam kategori cukup baik, dilihat dari kemampuan siswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Keberhasilan pembelajaran di SMAN 2 Majene didukung oleh beberapa faktor penting seperti kurikulum yang relevan, sarana dan prasarana yang memadai, serta pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Penggunaan media dan metode pembelajaran yang variatif menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa dan berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan pencapaian kompetensi siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), mahasiswa menemukan bahwa siswa sangat menginginkan hal baru setiap harinya dari guru, yang dapat membangun semangat belajar mereka. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mosaic

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...