Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

ANALISIS FORECASTING DEMAND TERHADAP PENJUALAN ROTI TAWAR (STUDI KASUS DI TOKO ROTI SMART BAKERY)

Nurhastuti Ika Dewi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Lilia Pasca Riani (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meramalkan dan menganalisis tingkat akurasi peramalan penjualan roti tawar di Toko Roti Smart Bakery pada bulan Mei 2024. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dengan karyawan Smart bakery dan data sekunder berupa data aktual penjualan bulan Mei 2023 sampai April 2024. Terdapat dua tahap analisis data yaitu menghitung peramalan penjualan roti tawar untuk bulan Mei 2024 dengan metode Monte carlo, Pendekatan Naif, Rata-Rata Bergerak, Pembobotan Rata-rata Bergerak, Single Exponential Smoothing (SES) dengan konstanta α 0,1 / β 0,5, dan Linear Exponential Smoothing (LES) dengan konstanta α 0,1 / β 0,3. Sedangkan tahap kedua adalah menganalisis tingkat akurasi metode peramalan permintaan dengan Teknik MAPE. Hasil dari penelitian ini adalah, prediksi penjualan menggunakan metode Monte Carlo memiliki MAPE sebesar 29,33%; metode Pendekatan Naif memiliki MAPE sebesar 25,37%; metode Rata-rata Bergerak memiliki MAPE sebesar 25,37%; metode Pembobotan Rata-Rata Bergerak memiliki MAPE sebesar 26,12%; metode Penghalusan Eksponensial tunggal memiliki MAPE sebesar 17,08%, dan metode Penghalusan Eksponensial linear memiliki MAPE sebesar 27,20%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...