Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap reaksi investor dengan mengetahui hubungan antara pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap reaksi investor. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur subsektor industri makanan dan minuman, subsektor semen, dan subsektor tembakau yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018, 2019, dan 2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63, dengan menggunakan metode purposive sampling dan sekunder data, laporan tahunan diperoleh dari website BEI dan emiten. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan emisi karbon berpengaruh signifikan negatif terhadap reaksi investor. Hal ini disebabkan masih rendahnya persepsi investor terhadap pengungkapan emisi karbon, dan hanya dianggap sebagai iklan. Sedangkan kinerja lingkungan berpengaruh signifikan positif reaksi investor. Bad news media exposure memperlemah pengungkapan emisi karbon terhadap reaksi investor, sedangkan bad news media exposure memperkuat kinerja lingkungan terhadap reaksi investor. Kata kunci: Pengungkapan emisi karbon; Kinerja lingkungan; Reaksi investor; Media Exposure; Berita Buruk.
Copyrights © 2023