Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor determinan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan seabank. SeaBank merupakan salah satu bank digital di Indonesia yang dimiliki oleh PT Sea Grup anak perusahaan dari PT Shopee yang sebelumnya memiliki nama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). Perubahan resmi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-12/PB.1/2021 tanggal 10 Februari 2021 tentang Penetapan Penggunaan Izin Usaha Atas Nama PT Bank Kesejahteraan Ekonomi Menjadi Izin Usaha Atas Nama PT Bank SeaBank Indonesia. Penelitian ini kemudahan aplikasi, produk , kepuasan pengguna aplikasi, keamanan sistem, risiko operasional, keunggulan seaBank sebagai variabel independen, loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. dengan mengambil sampel sebanyak 200 pelanggan seaBank berdasarkan metode purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemudahan aplikasi, kepuasan pengguna aplikasi, keamanan sistem, dan keunggulan SeaBank yang ada pada SeaBank berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Adapun produk dan risiko operasional tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2023