Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bisnis pada bisnis penjualan buah segar yang berada di daerah Jl. Otto Iskandar Dinata (Otista), Jakarta Timur dan sebagai referensi untuk pengambilan keputusan terhadap strategi bisnis penjualan buah segar di Toko Buah pada masa yang akan datang. Strategi bisnis dirumuskan melalui analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) yang selanjutnya dituangkan dalam metode analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Dari hasil IFE dan EFE, dikombinasikan ke dalam analisis Internal Eksternal (IE) untuk menentukan strategi yang sesuai dengan berfokus pada kekuatan internal dan pengelolaan ancaman eksternal. Dari hasil analisis IE diperoleh strategi intensifikasi. Selanjutnya, dilakukan analisis Competitive Profile Matrix (CPM) untuk mengetahui kekuatan pesaing utama. Terakhir, ditutup dengan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sebagai acuan dalam menentukan rencana strategi yang tepat. Berdasarkan analisis tersebut dihasilkan strategi yang tepat untuk Toko Buah XYZ di Otista adalah penetrasi pasar.
Copyrights © 2023