Journal of Governance and Public Administration
Vol. 1 No. 3 (2024): Juni

FASILITAS PUBLIK YANG RAMAH BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI UNIVERSITAS TIDAR

Intan Amalia Kartika (Unknown)
Silvia Gading Puspita Dewi (Unknown)
Farhana Rizqi Maulidina (Unknown)
Hendra Aji Nugroho (Unknown)
Ananda Putri Novitasari (Unknown)
Tri Nugraha, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui kualitas pelayan bagi penyandang disabilitas di Universitas Tidar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan menggunakan Teori ServQual dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, yang mencakup 5 dimensi yaitu dimensi tangibles, dimensi realibility, dimensi empathy, dimensi assurance, dan dimensi responsiveness. Data dikumpulkan dengan cara primer yaitu dengan menyebarkan kuisioner. sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang yang merupakan mahasiswa Untidar angkatan 2023. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Sampel diperoleh dari perhitungan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyetujui pernyataan mengenai ketersediaan informasi dan komunikasi, fasilitas fisik, layanan pendukung, serta sikap inklusif dosen dan staf. Namun, ada beberapa aspek yang masih perlu dikembangkan, antara lain ketersediaan alat bantu dengar, pelatihan staf untuk membantu penyandang disabilitas, dan prosedur yang lebih transparan dalam penanganan pengaduan. Keyword : Kualitas Pelayanan, Disabilitas, Fasilitas Publik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jogapa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA) is a national journal as a medium of scientific research results, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of public administration and governance, particularly focusing on the main problems in the development of the ...