SRODJA
Vol 1 No 2 (2024): Juli

Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan Di Samsat Jombang

Adam Bahari (Universitas Jember)
Supranoto Supranoto (Unknown)
Abul Haris Suryo Negoro (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengkaji kepuasan masyarakat atas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan di SAMSAT Jombang. Menurut Kotler dan Keller (2009:144) semakin tinggi kualitas produk dan jasa maka semakin tinggi tingkat kepuasan masyarakat terhadap suatu pelayanan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi bersifat infinite dan pengambilan sampel menggunakan teknik insidental dengan sampel 96 respoden. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dengan metode product moment dan uji reliabilitas dengan metode cronbach’s alpha. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi rank spearman dan uji signifikansi t-tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan di SAMSAT Jombang.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

srodja

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

SRODJA (Sroedji Journal Administration) published by Universitas Moch. Sroedji with E-ISSN number : 3046-5303 provides a forum for researchers to publish their research & innovative ideas in the field of Public Administration which is currently continuing to develop. This dynamic growth offers many ...