Perkembangan teknologi terus berkembang secara cepat dan penggunaan teknologi sudah menjangkau ke berbagai bidang, termasuk penggunaan teknologi di bidang pendidikan. Kebutuhan informasi yang akurat tepat dan cepat dalam menyajikan data yang lengkap merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam penggunaan teknologi. Presensi merupakan salah satu aspek penting di sekolah, karena dapat menjadi salah satu acuan melihat tingkat kedisiplinan siswa. Karena pentingnya sistem presensi ini, maka penggunaan teknologi pada sistem presensi dapat membantu sekolah dalam mengolah dan mengelola data presensi menjadi lebih cepat dan efisien. SD Islam Terpadu Arofah 1 Boyolali merupakan salah satu sekolah tingkat dasar yang terletak di Boyolali dimana sistem presensi masih dilakukan secara manual, guru mencatat kehadiran siswa setiap pagi di buku presensi siswa, sedangkan untuk proses rekap presensi juga masih dihitung secara manual. Namun, pada sistem presensi manual yang berjalan memiliki beberapa kekurangan antara lain yaitu resiko rusaknya dokumen jika disimpan dalam bentuk hard file seperti hilang dan rusak, pemantauan kehadiran siswa yang di rasa kurang serta proses pencarian data dan rekapitulasi data yang membutuhkan waktu yang relatif lama. Berdasarkan kekurangan dari sistem presensi manual tersebut maka dibutuhkan peralihan ke sistem presensi secara digital. Pada penelitian ini peneliti memilih membangun aplikasi berbasis mobile atau smartphone karena penggunaan smartphone yang mudah dan hampir seluruh lapisan masyarakat memilikinya. Aplikasi presensi berbasis mobile ini bekerja dengan memanfaatkan scan QR Code sebagai sarana untuk proses presensi. Untuk mendukung pembangunan aplikasi presensi yang memiliki waktu singkat ini maka peneliti menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) sebagai metode pengembangan. Berdasarkan hasil testing beta maka aplikasi presensi berbasis mobile yang telah berhasil dibangun mampu mengatasi kendala pada proses presensi di SD Islam Terpadu Arofah 1 Boyolali.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024