Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat pesat. Hal tersebut akhirnya memunculkan ide besar berupa penciptaan saluran layanan pengaduan dan pelaporan masyarakat DKI Jakarta melalui teknologi JAKI. Sebagai aplikasi yang masih tergolong baru, seberapa besar pengaruh dari faktor- faktor penentu penerimaan dan penggunaan belum diketahui, dikarenakan masih banyak masyarakat DKI Jakarta belum mengenal apa itu Aplikasi JAKI. Hal ini membuat bagaimana mengetahui tingkat kesuksesan aplikasi jakarta kini (JAKI) dan variabel mana yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kemudahan, kualitas terhadap aplikasi JAKI (Jakarta Kini) dan mengevaluasi kepercayaan konsumen setelah penggunaan aplikasi dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada konsumen yaitu masyarakat DKI Jakarta dengan responden sebanyak 150 orang. Dari hasil keusioner dan pengolahan data didapat dari hasil uji validasi R Hitung > R Tabel sehingga item-item pertanyaan pada kuesioner tersebut berkorelasi signifikan terhadap skor total atau dinyatakan valid. Hasil uji reabilitas didapat dari hasil nilai Cronbach’s Alpha seluruh item > 0,06. Maka dapat dikatakan bahwa seluruh item kuesioner reliabel (konsisten) sebagai alat pengumpul data dalam penelitian. Dari hasil perhitungan kepuasan pengguna aplikasi JAKI didapatkan hasil interpretasi yang menunjukan bahwa mayoritas responden merasa puas pada semua sector kriteria yang diberikan oleh aplikasi JAKI. Hal ini dapat menjadi salah satu evaluasi serta pengembang/an aplikasi yang lebih baik lagi.
Copyrights © 2024