Jurnal Bincang Komunikasi
Vol 1, No 2 (2023)

IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI LIMA DETIK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE

Pingkan Wangko (University of Muhammadiyah Jakarta)
Oktaviana Purnamasari (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Pertumbuhan perdagangan kopi di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat, salah satunya yaitu Kopi Lima Detik yang telah berhasil didirikan pada masa pandemic Covid-19 dan telah mempunyai 7 gerai di Jabodetabek 1 gerai di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi implementasi komunikasi pemasaran Kopi Lima Detik dalam membangun brand image. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Lalu data yang didapat dan terkumpul secara komperhensif selanjutnya dianalisis dengan beberapa cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran Kopi Lima Detik menggunakan advertising yang dilakukan menggunakan new media Instagram dan Tiktok. Kegiatan personal selling dilakukan dengan dengan memberikan edukasi dan arahan pada karyawan agar komunikatif dengan pelanggan dalam memberikan pilihan menu dan menawarkan promo. Sales promotion dilakukan memberikan variasi promo seperti paket bundling makanan, potongan harga, dan buy one get one. Memlihara dan membangun hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah serta pemegang saham sebagai kegiatan public relations serta kegiatan direct and digital marketing yang dilakukan yaitu dengan mengirimkan pesan Whatsapp kepada pelanggan mengenai promo serta melakukan penjualan online melalui Gofood, Grabfood, Shopeefood dan Tokopedia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bincang Komunikasi is a peer reviewed journal. This national journal aims to disseminate the results of theoretical and applied research and discussions in communication science. The focus and scope of the Jurnal Bincang Komunikasi are Communication science studies in the fields of Public ...