Aktivitas lalu lintas pada Jalan Imam Bonjol, Jalan Adisucipto dan Jalan Tanjung Raya II sering terjadi kemacetan. Berdasarkan masalah tersebut Pemerintah Kota Pontianak dalam RTWT Tahun 2013-2033 merencanakan pembangunan Jembatan Paralel Kapuas 1 untuk mengatasi masalah kemacetan yang terjadi. Analisis kinerja jaringan jalan Imam Bonjol "“ Adisucipto dan jalan Tanjung Raya II dilakukan dengan metode MKJI 1997 dan simulasi software VISUM. Hasil dari kinerja jaringan jalan kondisi eksisting memiliki tingkat pelayanan jalan E dengan DS rata-rata 0,99 dan kecepatan rata-rata 15,39 km/jam serta kinerja jaringan jalan kondisi Jembatan Paralel Kapuas 1 sudah beroperasi (2024) pada Skenario 1 dan 2 yakni untuk tingkat pelayanan jalan E dengan DS rata-rata 0,91 dan 0,88 serta kecepatan rata-rata 16,33 km/jam dan 16,94 km/jam. Dilakukan solusi penanganan pada skenario 1 dan 2 dengan cara menambah kapasitas pada jalan Imam Bonjol dan Jalan Adisucipto dan Jalan Tanjung Raya II, didapat hasil analisis kinerja jaringan jalan pada Skenario 1 dengan tingkat pelayanan C nilai DS rata-rata 0,69 dan kecepatan rata-rata 20,38 km/jam, sedangkan Skenario 2 tingkat pelayanan jalan C dengan DS rata-rata 0,67 dan kecepatan rata-rata 20,70 km/jam. Dari hasil tersebut didapat skenario dengan tingkat pelayanan terbaik adalah Skenario 2.
Copyrights © 2023