Pemerintah merencanakan akan membangun jalan tol pertama di Provinsi Kalimantan Barat yang menghubungkan Pontianak dengan Pelabuhan Kijing, Kab. Mempawah, Kota Singkawang hingga Kab. Sambas. Pembangunan jalan tol harusnya memprioritaskan keamanan, kenyamanan untuk pengguna tol dan diharapkan bisa memangkas waktu tempuh perjalanan. Sehingga dibutuhkan pemilihan trase yang efisien dari segi biaya pembangunan maupun manfaat penggunaannya dengan memperhatikan faktor-faktor seperti topografi, geologi, tata guna lahan dan aspek lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi masing-masing trase yang telah ditentukan dengan menggunakan metode pendekatan ArcGis dan Skoring serta memberikan rekomendasi trase alternatif jalan tol Pontianak "“ Singkawang dengan menggunakan pendekatan analisis Sistem Informasi Geografis dan analisis Skoring dalam mengevaluasi Trase Pembangunan Jalan Tol Pontianak - Singkawang, juga dilakukan Teknik overlay terhadap peta-peta variabel syarat kesesuaian lahan jalan tol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terpilihnya trase terbaik pada semua indikator yaitu trase alternatif 2 (dua) untuk jalur tol Pontianak-Sungai Pinyuh, trase alternatif 3 (tiga) untuk jalur tol Sungai Pinyuh-Mempawah, trase alternatif 1 (satu) untuk jalur tol Mempawah-Kijing, dan trase alternatif 2 (dua) untuk jalur tol Kijing-Singkawang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024