Pengembangan profesionalisme guru bisa dilakukan dengan penulisan karya tulis ilmiah ataupun artikel ilmiah. Namun, pada kenyataanya kemampuan guru dalam menulis sebuah karya ilmiah masih rendah dan perlu diperhatikan. Untuk meningkatkan kemampuan menulis guru tersebut, tim PKM mengadakan pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah pada guru-guru SD yang ada di Keluarahan Pajalesang Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini yaitu membantu para guru menulis artikel ilmiah berupa pendampingan oleh tim PKM yang meliputi pembelajaran mengenai sistematika artikel ilmiah, kaidah penulisan yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, hingga praktik membuat artikel ilmiah. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan menulis artikel ilmiah para guru SD di Kelurahan Pajalesang setelah mengikuti program pendampingan berada pada tingkat menengah dan sudah mengalami peningkatan yang siginifakan. Meskipun masih ada beberapa guru yang masih mengalami kendala.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024