Konsumsi dalam agama menjadi persoalan penting sebab konsumsi diatur dalam agama. Namun tingkat kehalalan yang dikonsumsi tidak diperhatikan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi mempengaruhi keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, dengan metode pendekatan kuantitatif yang menjadi faktor penentu keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Subjek penelitian berjumlah 88 orang. Instrument pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi dari lapangan. Analisis data dengan menggunakan analisis faktor dan metode analisis faktor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial dan faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Dan berdasarkan nilai eigenvalues menunjukkan bahwa jumlah angka eigenvalues untuk variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi masing-masing faktor memiliki nilai korelasi eigenvalues yang bisa dijadikan indikator sebagai faktor dengan kriteria bahwa angka dibawah 1 tidak digunakan. Kata Kunci : Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian
Copyrights © 2022