ABSTRAK Perilaku belanja online menjadi tren yang semakin meningkat dimana dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi, faktor yang mempengaruhi perilaku belanja online yakni harga, kemudahan, dan kualitas produk. Dimana harga ditoko online mahal karena adanya biaya ongkos kirim, sulitnya penggunaan sistem, dan kualitas produk yang tidak sesuai dengan deskripsi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana harga, kemudahan, dan kualitas produk berpengaruh terhadap perilaku belanja online pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sumber data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 77 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realiabilitas,uji normalitas,uji linearitas,uji multikolinaritas,uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (F), uji koefisien determinasi (R²).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor harga, faktor kemudahan dan faktor kualitas produk berpengaruh terhadap perilaku belanja online pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Dan berdasarkan metode analisis yang digunakan yaitu koefisien determinasi (R2) sebesar 83% terhadap perilaku belanja online Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan Sedangkan sisanya 17% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Kemudahan, Kualitas Produk, Perilaku Belanja Online
Copyrights © 2022