Penilaian kinerja guru merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Penilaian kinerja yang efektif tidak hanya dapat memotivasi guru untuk terus meningkatkan kualitas mengajarnya, tetapi juga membantu sekolah dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan serta memberikan penghargaan yang layak bagi mereka yang berprestasi. Proses penilaian kinerja guru di SMK Ki Hajar Dewantoro saat ini masih dilakukan secara manual seringkali menemui berbagai kendala, seperti subjektivitas dan inkonsistensi yang dapat menyebabkan penilaian kurang tepat dan mempengaruhi keputusan promosi atau penghargaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang mampu membantu manajemen sekolah dalam melakukan penilaian kinerja guru secara objektif. Sistem ini memanfaatkan metode Simple Additive Weighting (SAW), dipilih karena kemampuannya dalam multi kriteria dan menghasilkan peringkat alternatif. Sistem yang dirancang melibatkan berbagai kriteria penilaian, antara lain absensi, jumlah mengajar, kedisiplinan, tugas tambahan, pengembangan profesi. Setiap kriteria diberi bobot berdasarkan tingkat kepentingannya, yang kemudian digunakan untuk menghitung skor akhir kinerja setiap guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAW dalam SPK memberikan hasil penilaian yang lebih objektif dan mengurangi risiko kesalahan perhitungan melalui proses otomatis berdasarkan rumus yang ditentukan. Untuk memastikan kehandalan dan akurasi sistem yang dikembangkan, Peneliti menguji dengan metode blackbox testing dengan hasail pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat berfungsi dengan baik dan memberikan hasil yang konsisten sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Copyrights © 2024